Gulir ke bawah
Gaya Hidup

Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat, Simak di Sini!

316
×

Cara Menghilangkan Nyeri Haid Tanpa Obat, Simak di Sini!

Sebarkan artikel ini

WARTA-1 – Bagia sebagian besar wanita, saat menstruasi adalah masa-masa yang harus dialalui dengan banyak masalah pada bagian perut.

Ilustrasi nyeri haid. (Foto: Getty Images/iStockphoto/sorrapong)

Jika Anda mengalami kram perut atau nyeri haid ringan, ada beberapa cara untuk meredakan bahkan menghilangkannya. Berikut cara menghilangkan nyeri haid tanpa obat di rumah. 

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

1. Konsumsi Air Putih 

Menjaga tubuh agar tetap terhidrasi akan membantu Anda menghilangkan kram perut atau nyeri haid secara langsung. Meski akan terasa kembung, perbanyaklah minum air agar rasa sakit karena haid berkurang. 

Ketika menstruasi datang, siapkanlah botol air dan masukkan lemon atau mint untuk diminum. Selain itu, kurangi mengonsumsi garam dan hindari alkohol yang dapat menarik air keluar dari sistem tubuh Anda. 

2. Hindari Makanan Berlemak 

Donat, gorengan, atau keripik kentang bukanlah teman Anda. Sebaiknya, Anda mengonsumsi makanan yang rendah lemak dan tinggi serat, seperti biji-bijian, kacang-kacangan, sayuran dan buah-buahan. 

Makanan tersebut mengandung berbagai nutrisi, seperti vitamin E, vitamin B1, vitamin B6, magnesium, seng dan asam lemak omega-3 yang dapat mengurangi zat mirip hormon yang bertanggung jawab atas kram yang sakit atau mampu meredakan ketegangan otot dan peradangan. 

3. Hindari Kafein 

Ketika sedang haid hindarilah mengonsumsi kopi. Pasalnya kafein dapat memperburuk kram. Selain itu, hindari pula mengonsumsi soda, cokelat, atau teh. Sebagai gantinya, Anda bisa mencoba smoothie dari sayuran atau buah segar. 

4. Pijat 

Cara menghilangkan nyeri haid tanpa obat selanjutnya adalah dengan memijat. Pijatlah perut setidaknya lima menit sehari. Hal tersebut dapat meningkatkan aliran darah dan meredakan ketegangan sehingga Anda akan merasa lebih baik. 

Selain itu, Anda jga bisa mengoleskan minyak lavender di perut setelah menstruasi sehingga rasa kram akan terasa berkurang pada menstruasi berikutnya.  

5. Akupresur 

Untuk mengurangi nyeri haid, Anda bisa menyentuh tempat-tempat penting di perut, punggung dan kaki Anda. Dengan begitu, aliran darah akan meningkat dan melepaskan endorfin untuk menenangkan tubuh dan pikiran untuk sementara waktu. 

Anda juga bisa memegang bagian berdaging antara ibu jari dan jari telunjuk yang mengurangi rasa sakit dan nyeri. (sumber: liputan6)