Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
iStyle ID
Tekno

Berubah dari Aplikasi Berbagi Foto, Instagram Akan Fokus untuk Video

415
×

Berubah dari Aplikasi Berbagi Foto, Instagram Akan Fokus untuk Video

Sebarkan artikel ini

Warta-1 Instagram mengumumkan bakal melakukan sejumlah perubahan di dalam aplikasinya. Informasi tersebut diungkap langsung oleh Head of Instagram, Adam Mosseri, melalui unggahan di Twitter.

Ia menuturkan, saat ini Instagram sedang fokus mengembangkan fitur baru di empat kategori utama, yakni kreator, video, shopping, dan messaging.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Khusus untuk video, Adam mengatakan saat ini Instagram memang lebih fokus untuk mengembangkan fitur di kategori tersebut. Dia terang-terangan mengatakan, Instagram bukan lagi aplikasi berbagi foto.

“Kami bukan lagi aplikasi berbagai foto atau aplikasi berbagi foto dalam format kotak,” tutur Adam dalam video unggahannya tersebut.

Pernyataan tersebut bukannya tanpa alasan, Adam menuturkan berdasarkan riset, alasan utama pengguna memakai Instagram adalah untuk terhibur.

Oleh sebab itu, Instagram berupaya mengikuti tren tersebut, yang dalam hal ini adalah konten hiburan dan video. 

“Jujur saja, saat ini ada persaingan yang sangat serius. TikTok sangat besar, YouTube lebih besar, dan ada banyak pemula lainnya,” tutur Adam. Karenanya, Adam mengatakan agar bisa berkompetisi Instagram perlu berubah.

Lebih lanjut Adam mengatakan perubahan itu akan dilakukan dalam beberapa bulan ke depan. Salah satunya adalah merekomendasikan hal baru di Feed pengguna, sekaligus menambahkan kategori topik yang mungkin ingin dilihat pengguna.

Selain itu, Instagram akan bereksperimen untuk menghadirkan pengalaman video yang lebih full screen, imersif, menghibur, mobile-first. Kalian akan melihat kami melakukan sejumlah percobaan dalam beberapa bulan ke depan,” tutur melanjutkan.

Untuk diketahui, dalam beberapa tahun terakhir, Instagram memang mulai mendorong konten video di platformnya. Hal itu dimulai dengan menghadirkan fitur Stories, lalu muncul IGTV, dan yang terbaru kini adalah Reels.

Sebelumnya, selain menghadirkan fitur Music lyrics, Instagram juga membawa Reels untuk pengguna di Indonesia.

Fitur mirip TikTok ini memungkinkan pengguna untuk berbagi video pendek dengan memanfaatkan kreativitasnya.

“Hari ini kami secara resmi membawa Reels ke pengguna Indonesia. Ini cara baru menemukan video pendek yang menghibur di Instagram,” kata Country Director Facebook Indonesia, Pieter Lydian, dalam konferensi pers virtual, Rabu (23/6/2021).

Menurut pantauan , fitur Instagram Reels hadir dengan sedikit mengubah tampilan muka Instagram.

Ada tambahan ikon khas Reels di tengah-tengah tab Home, Explore, Store, dan Profile menggantikan ikon yang berguna untuk menambahkan konten ke Feeds.

Sementara, ikon tersebut pindah ke sisi atas di samping ikon Notification dan Direct Messages. (sumber: liputan6)

I Love Wallpaper Store