Gulir ke bawah
Gaya Hidup

Anda Sering Sesak Napas? Ketahui Penyebab yang Mendasarinya

1410
×

Anda Sering Sesak Napas? Ketahui Penyebab yang Mendasarinya

Sebarkan artikel ini

Warta-1 – Penyebab sesak napas bisa disebabkan oleh berbagai kondisi. Sesak napas atau dalam istilah medisnya dispnea merupakan sebuah gejala yang membuat seseorang kesulitan untuk menarik napas penuh. Orang yang mengalami sesak napas akan merasa terengah-engah ketika hendak menarik napas.

Penyebab sesak napas bisa terjadi tiba-tiba (akut) atau berkala (kronis). Sesak napas dapat berkisar dari ringan hingga serius, tergantung penyebabnya. Penting mengetaui penyebab sesak napas jika disertai gejala lainnya.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

Sejumlah penyebab sesak napas bisa terkait dengan masalah paru-paru, jantung, pencernaan, hingga psikologis. Namunm sebagian penyebab sesak napas tidak selalu berhubungan langsung dengan kesehatan individu. Seseorang dapat merasa sesak napas setelah olahraga yang intens, saat bepergian ke tempat yang tinggi, atau melalui perubahan suhu yang besar.

Banyaknya penyebab sesak napas membuat gejala ini tak boleh didagnosis sendiri. Jika mengalami sesak napas tiba-tiba atau berulan, perting memeriksakannya ke dokter. Berikut penyebab sesak napas, dirangkum Liputan6.com dari berbagai sumber, Selasa (22/6/2021).

Asma

Asma adalah suatu kondisi di mana saluran udara menyempit dan membengkak serta menghasilkan lendir ekstra. Gejala utama asma antara lain mengi, dada terasa seperti ada yang menghimpit, batuk, dan sulit bernapas. Gejala asma yang memburuk dalam waktu singkat, dikenal sebagai serangan asma. Ini bisa terjadi tiba-tiba atau bertahap selama beberapa hari.

Penyakit paru obstruktif kronik (PPOK)

Penyakit paru obstruktif kronik, biasa disebut sebagai PPOK, adalah sekelompok penyakit paru-paru progresif. PPOK membuat penderitanya sulit bernapas. Gejala mungkin ringan pada awalnya, dimulai dengan batuk intermiten dan sesak napas. Seiring perkembangannya, gejalanya bisa menjadi lebih konstan hingga menjadi semakin sulit bernapas.

Tuberkulosis

Tuberkulosis merupakan infeksi bakteri Mycobacterium tuberculosis. Bakteri ini ditularkan oleh orang yang terinfeksi tuberculosis yang melepaskan Mtb ke udara melalui batuk, bersin, atau meludah. Gejala tuberculosis yang utama meliputi batuk yang berlangsung lama, sakit dada, batuk darah, dan sesak napas.