Gulir ke bawah
Gaya Hidup

Ini Tips Cerdas Atur Keuangan Keluarga, Ayo Disimak!

723
×

Ini Tips Cerdas Atur Keuangan Keluarga, Ayo Disimak!

Sebarkan artikel ini

Warta-1 – Saat ini mulailah hidup dengan anggaran yang sesuai untuk Anda dan keluarga. Buat pilihan keuangan yang sehat untuk menghilangkan utang, mengurangi biaya, menghemat uang, dan meregangkan gaji tanpa terus-menerus menghitung angka.

Selalu evaluasi situasi keuangan Anda dengan cepat, dan mulailah menabung dengan beberapa tips mudah ini untuk mengatur anggaran keluarga, dilansir dari laman the balance.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca

1. Buat Anggaran

Langkah pertama untuk hidup berkeluarga dengan anggaran terbatas adalah melacak pendapatan dan pengeluaran keluarga Anda. Kumpulkan semua tagihan, slip gaji, laporan mutasi bank, dan semua yang Anda miliki yang menunjukkan uang masuk atau keluar. Tulis rencana anggaran hemat untuk mengelola uang.

Ketika melakukannya setiap bulan tanpa mempertimbangkan anggaran, Anda akan melewatkan peluang untuk memangkas biaya yang tidak perlu dan menghemat uang. Beberapa menit yang dihabiskan untuk membuat anggaran sekarang dapat menghemat banyak uang nantinya.   

2. Tetapkan Tujuan Keuangan

Menyimpan uang tampaknya seperti tujuan jangka panjang yang selalu di luar jangkauan pikiran ketika Anda berjuang dari bulan ke bulan hanya untuk membayar tagihan. 

Apakah Anda ingin menyimpan uang untuk dana kuliah anak atau ingin menyelipkan uang untuk masa pensiun, menetapkan tujuan keuangan merupakan langkah penting dalam melindungi masa depan keluarga Anda.

Jangan abaikan tujuan jangka pendek. Tujuan keuangan dapat mencakup pengurangan cepat pada tagihan listrik, tagihan kabel, dan pengeluaran lain yang mencegah Anda menghemat lebih banyak uang setiap bulan.   

3. Terbebas dari utang

Meskipun berutang bisa terasa luar biasa, mengelola utang itu mudah ketika Anda menetapkan tujuan keuangan yang realistis. Sebuah rencana pengelolaan utang dapat dibangun ke dalam anggaran sehingga Anda dapat melunasi kartu kredit dan hipotek dan menghilangkan utang secara keseluruhan.