Gulir ke bawah
Otomotif

Bukan Sekedar Melacak Keberadaan, Ini Cara Kerja GPS Mobil dan Fungsinya

412
×

Bukan Sekedar Melacak Keberadaan, Ini Cara Kerja GPS Mobil dan Fungsinya

Sebarkan artikel ini

Warta-1Global Positioning System atau GPS adalah alat yang bisa digunakan untuk mendeteksi keberadaan mobil.

GPS merupakan sistem navigasi satelit yang didesain untuk menyediakan informasi mengenai posisi mobil secara cepat dan tepat. Adanya GPS di mobil dapat Anda gunakan untuk melacak posisi kendaraan dalam keadaan real-time.
Lalu, seperti apa cara kerja GPS mobil? Melansir lama Auto2000, Jumat (5/6/2021) berikut ini cara kerja dan fungsi GPS mobil.

Gulir ke Bawah
Selamat Membaca
Ilustrasi. (driving-tests.org)

GPS mobil menggunakan jaringan satelit untuk menentukan lokasi kendaraan Anda. Dasar teknologi ini adalah proses trilateration yang digunakan untuk menentukan lokasi fisik kendaraan berdasarkan jarak melalui tiga satelit.

Titik lokasi kendaraan berada akan dikirimkan melalui sinyal GPS melalui tower operator. Di dalam server, data posisi mengenai posisi mobil akan dikonversi dan diproses untuk ditampilkan melalui web browser, aplikasi desktop, mobile browser, hingga aplikasi smartphone.

Jika dirinci, maka cara kerja GPS mobil adalah sebagai berikut:

1. GPS menerima informasi tentang koordinat bumi minimal dari tiga buah sumber satelit.

2. GPS mengirimkan informasi tersebut ke server operator melalui ketersediaan tower-tower seluler.

3. Semua posisi dari kendaraan akan diproses terlebih dahulu oleh server agar bisa mengirimkan keberadaan lokasinya.

4. Data posisi kendaraan yang dilacak menggunakan GPS mobil akan bisa dilihat di berbagai macam browser, baik itu melalui desktop maupun smartphone.

Fungsi GPS mobil

Lebih dari sekadar alat yang dipakai untuk melacak kendaraan, GPS juga memiliki fungsi sebagai:

Mengantisipasi pencurian.

Fungsi GPS melacak posisi kendaraan secara real time tentunya bisa dimanfaatkan untuk meningkatkan keamanan kendaraan dari risiko pencurian. GPS memang paling tepat dipasang di dalam mobil untuk mengantisipasi pencurian.

Setidaknya apabila terjadi tindak kejahatan, maka pemilik mobil bisa segera tahu di mana lokasi mobil berada. Beberapa jenis GPS pun telah dilengkapi dengan fitur mematikan mesin mobil dari jarak jauh.

Melihat histori perjalanan

GPS mobil dapat menyajikan data lengkap histori perjalanan kendaraan selama kurun waktu tertentu. Sebagai pemilik, AutoFamily bisa tahu lokasi, waktu keberangkatan, dan kedatangan. Semua informasi tersebut akan tersimpan di dalam sistem GPS dan sewaktu-waktu bisa diakses.

Menyadap pembicaraan dalam mobil

Fitur GPS mobil kini makin beragam. Contohnya fitur penyadapan yang dapat merekam seluruh pembicaraan di dalam mobil. Apabila terjadi tindak pencurian pada mobil, maka Anda bisa mengakses GPS untuk mencari tahu lokasi terkininya. Selanjutnya, pilih fitur sadap untuk merekam percakapan yang terjadi. Dengan begitu, rekaman pembicaraan bisa jadi bukti tindak kejahatan.

Mendeteksi kantor polisi terdekat

Tak hanya menunjukkan lokasi, GPS mobil juga memiliki fitur keamanan, yaitu mendeteksi kantor polisi terdekat. Fitur ini dapat Anda manfaatkan ketika terjadi hal buruk selama perjalanan. Jika misalnya terjadi tindak kriminal, cukup tekan tombol ‘Help’ pada aplikasi GPS yang ada di smartphone. Secara otomatis, GPS akan menunjukkan rute terdekat menuju kantor polisi, rumah sakit, maupun fasilitas umum lainnya.

Memperkirakan kondisi cuaca

GPS mobil memiliki fitur yang dapat digunakan untuk mendeteksi cuaca, tekanan udara, kelembapan, dan suhu pada suatu daerah. Jadi, misalnya sedang berkendara ke suatu tempat, Anda bisa menggunakan GPS untuk melihat kondisi cuaca daerah tersebut.

Dengan begitu, Anda dapat melakukan persiapan matang sewaktu menuju tempat tersebut. (sumber: sindonews)