Gulir ke bawah
Blibli.com
iStyle ID
Shopee Indonesia
Tekno

Sambut Transformasi Digital, Masyarakat Perlu Tingkatkan Keterampilan

350
×

Sambut Transformasi Digital, Masyarakat Perlu Tingkatkan Keterampilan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi transformasi digital. (Google Images)

Warta-1 – Transformasi digital yang aplikasinya makin meningkat membuat masyarakat harus adaptif, baik dari sisi pemahaman maupun penguasaan perangkat teknologi.

Ilustrasi transformasi digital. [Shutterstock]

Terlebih di masa pandemi, banyak keterampilan digital diperlukan agar mampu beradaptasi dengan teknologi yang mendukung aktivitas sehari-hari.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Sayangnya, kompleksitas masyarakat Indonesia membuat proses pengembangan keterampilan menjadi tantangan dalam mengembangkan SDM Indonesia secara umum.

Survei IMD World Digital Competitiveness tahun 2019 menyebut, daya saing Indonesia ada di peringkat ke-56 dari 63 negara. Jika dibanding negara-negara ASEAN lain, peringkat ini masih rendah.

Oleh karena itu, keahlian digital/digital skills merupakan salah satu kunci meningkatkan daya saing, termasuk bagi masyarakat umum.

Pemerintah tengah melakukan percepatan transformasi digital, baik dari perluasan akses, infrastruktur, percepatan integrasi Pusat Data Nasional, hingga pembuatan roadmap di berbagai sektor.

Selain infrastruktur, talenta digital juga perlu disiapkan agar seiring dengan transformasi digital. Pemerintah mulai menciptakan transformasi digital untuk melindungi data kearsipan.

Saat ini ada 170 juta pengguna aktif platform media sosial. Rata-rata penggunaan rata-rata penggunaan platform adalah 8 jam 52 menit setiap harinya. Masyarakat pun dianggap paling aktif bermedia sosial dibandingkan di negara lain.

Padahal literasi digital adalah basic skill yang diperlukan agar masyarakat makin cerdas dalam mengolah informasi yang beredar di dunia maya.

Untuk itu perlu program pendukung untuk mendorong transformasi digital dari pemerintah maupun swasta.

Dari pemerintah, berbagai program disiapkan mulai dari program literasi digital dari Siberkreasi, Digital Talent Scholarship untuk belajar kemampuan teknis, dan hingga Digital Leadership Academy. (ist)

I Love Wallpaper Store