Minggu, September 24Selamat Datang di Media Warta-1, Selamat Membaca

Ayo Tingkatkan Imun Tubuh dengan Tanaman Herbal

Racikan obat dari tanaman herbal. Foto: ISTIMEWA

Sistem kekebalan atau imunitas tubuh sangat berpengaruh terhadap kesejahteraan jasmani seseorang. Maka tak salah kiranya jika mendiang Emmanuel James “Jim” Rohn, seorang motivator dunia asal Amerika Serikat, dalam setiap sesi motivasi semasa hidupnya selalu mengingatkan arti penting dari kesehatan tubuh.

“Jagalah tubuhmu karena itulah satu-satunya tempat kamu hidup,” demikian ucapan Jim Rohn. Jika kita menanam dengan bibit yang baik bagi tubuh kita, maka kita akan menyemai hasil yang baik pula di kemudian hari.

Ada sejumlah faktor yang dapat mempengaruhi sistem imunitas tubuh. Misalnya faktor lingkungan dan faktor genetik.  Adapula dari konsumsi makanan sehari-hari yang membentuk diri kita. “Makanan berlemak atau mengandung gula atau biasa disebut sebagai western diet seperti makanan cepat saji (fast food) cenderung meningkatkan produksi protein-protein yang menyebabkan stres pada imun tubuh,” kata Zullies Ikawati, Dosen Departemen Famkologi dan Farmasi Klinik Universitas Gadjah Mada (UGM).

Pola makanan barat akan menyebabkan seseorang rentan terhadap penyakit degeneratif (metabolik) seperti jantung, kolesterol, dan diabetes. Banyak makanan yang baik dikonsumsi sehari-hari, untuk meningkatkan atau setidaknya menjaga agar kondisi tubuh kita tetap baik seperti yogurt, acar yang merupakan produk fermentasi, dan makanan kaya serat.

Faktor lain adalah usia, di mana sel-sel imun pada umumnya akan mencapai puncak aktivitas saat individu sudah dewasa. Semakin tua usia sel-sel, maka aktivitasnya semakin menurun. Termasuk dalam memproduksi protein yang berfungsi untuk melawan infeksi virus, yaitu interferon.

Kondisi kesehatan tiap individu juga ikut berpengaruh kepada sistem imunitas. Orang yang memiliki penyakit lebih rentan terserang infeksi virus. Penyakit kronis yang diderita lama seperti diabetes, hipertensi, jantung, atau kolesterol dan radang hati dapat meningkatkan kerentanan terhadap infeksi.

Kondisi stres juga cenderung meningkatkan kemungkinan individu untuk terkena penyakit infeksi. Selain itu, konsumsi obat-obatan golongan tertentu seperti kortikosteroid dalam jangka waktu yang sangat lama juga akan menjadi karpet merah bagi penurunan sistem imunitas tubuh.

Meningkatkan Sistem Imun

Untuk menjaga dan meningkatkan sistem imun tadi, dapat dilakukan dengan imunomodulator yang berfungsi menaikkan (imunostimulator) atau menekan (imunosupresan) respons imun. Imunomodulator bisa didapat dengan konsumsi vitamin C, D, E, dan zinc.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *