Gulir ke bawah
Blibli.com
Shopee Indonesia
iStyle ID
Gaya Hidup

Stres dan Depresi? Ini Meditasi Kesadaran Penuh yang Bisa Kamu Lakukan

463
×

Stres dan Depresi? Ini Meditasi Kesadaran Penuh yang Bisa Kamu Lakukan

Sebarkan artikel ini
Ilustrasi meditasi. (courtesy brahmakumaris.org)

Banyak hal yang bisa menyebabkan stres dan depresi. Itu sebabnya Anda mungkin butuh melatih kesadaran dengan metode mindfulness.

Menurut MayoClinic, mindfulness disebut juga meditasi kesadaran. Beda dengan meditasi lainnya yang berlatih mengosongkan pikiran, mindfulness membuat Anda tetap fokus dengan satu hal.

Gulir ke Bawah
Blibli.com
Selamat Membaca

Mindfulness juga membuat Anda merasakan berbagai emosi tanpa penilaian atau interpretasi apapun.

Selain membuat Anda lebih rileks dan tenang, meditasi ini terbukti ampuh dapat meningkatkan fokus Anda, mengurangi kelelahan bekerja, dapat memperbaiki jam tidur Anda, hingga bisa mengendalikan diabetes.

Berikut beberapa aktivitas meditasi kesadaran penuh yang bisa Anda lakukan.

Permainan sebut nama

Permainan ini sangat mudah dilakukan, tapi terbukti ampuh menekan emosi negatif atau pikiran Anda yang tertekan.

Pertama, lihat sekeliling Anda dan sebutkan tiga hal yang dapat Anda dengar, dan dua hal yang dapat Anda lihat. Terakhir, sebutkan satu sensasi yang Anda rasakan.

Terapis dan Instruktur Yoga Magdalene Martinez mengatakan, game sebut nama ini dapat membantu meningkatkan kesadaran dan mengenal lingkungan Anda.

“Dengan melakukan ini, Anda bisa membumi dan meningkatkan kesadaran akan tubuh dan lingkungan Anda,” kata Martinez, dilansir The Good House Keeping.

Meniatkan diri

Meniatkan diri melakukan sesuatu sebelum benar-benar melakukannya bisa membantu menjernihkan pikiran Anda.

Coba luangkan waktu beberapa saat sebelum mulai bekerja di depan laptop atau komputer Anda. Sebelum memulai bekerja, Anda juga bisa melakukan hal-hal yang Anda sukai seperti membaca buku, atau mendengarkan musik untuk membangkitkan semangat dan memberi kesan positif untuk mengawali hari.

Melatih pernapasan

Melatih pernapasan memberitahu tubuh untuk membentuk ruang dalam pikiran. Jika Anda merasa cemas, atau gelisah, kemungkinan pernapasan akan menjadi terasa pendek, dangkal, dan tertahan.

Latihan pernapasan jadi salah satu cara sederhana menghilangkan stres dalam waktu singkat.

Menyaksikan lilin

Kedengarannya memang sedikit konyol, tapi menyaksikan api lilin bergoyang dan berkedip merupakan salah satu bentuk meditasi.

Martinez mengatakan untuk menatap lilin selama 5-10 menit dan biarkan pikiran Anda berangan-angan tanpa perlu menghakimi pikiran tersebut.

Latihan minum teh atau kopi

Anda tipe yang mana? Peminum teh atau kopi di pagi hari? Yang manapun, cobalah meminumnya sedikit lebih lambat.

Minum teh atau kopi Anda sedikit lebih lambat bisa membuat pikiran Anda lebih rileks. Anda bisa mulai dengan memperhatikan bagaimana bentuk daun teh, rasanya di lidah, aroma, hingga warna dari teh atau kopi Anda.

Latihan introspeksi diri

Luangkan beberapa menit untuk duduk diam dan mengamati kondisi mental Anda saat ini. Kemudian sebutkan emosi atau pikiran apa yang muncul.

Jika dilakukan secara tepat, introspeksi diri dapat memperkuat rasa percaya diri seseorang, selain itu, juga dapat membuat seseorang mengenal dirinya sendiri.

Menulis tiga halaman setiap bangun pagi

Anda bisa melatih kesadaran Anda setelah bangun pagi dengan menuliskan apapun sebanyak tiga halaman pada buku Anda. Anda bisa menulis apapun yang terlintas dalam pikiran, tidak perlu harus karangan indah atau tulisan ilmiah, bahkan tidak perlu masuk akal.

Latihan arus kesadaran ini bertujuan untuk menjernihkan pikiran Anda sejak pagi hari. Biarkan pikiran Anda mengalir dalam tulisan Anda.

“Melakukan latihan ini secara teratur dapat membantu melepaskan emosi yang ada,” kata Martinez. (sumber: cnnindonesia)

I Love Wallpaper Store